Entri yang Diunggulkan

Tips berbicara didepan banyak orang

Tips Berbicara di Depan Orang Banyak Pengertian Berbicara adalah suatu proses penyampaian ide atau gagasan dengan dua arah kepada orang l...

Kamis, 16 Februari 2017

Tips berbicara didepan banyak orang

Tips Berbicara di Depan Orang Banyak
Pengertian Berbicara adalah suatu proses penyampaian ide atau gagasan dengan dua arah kepada orang lain yang pada akhirnya akan memberikan umpan balik yang positif maupun negatif kepada ke dua belah pihak
Berbicara merupakan kegiatan yang bisa dilakukan siapapun (kecuali orang yang mengalami Tunawicara). namun, bila itu dilakukan di depan banyak orang banyak lain jadinya karena tidak semua orang terbiasa melakukannya. bukan berarti tidak bisa tetapi tidak terbiasa melakukannya, dengan sedikit teori di ikuti banyak latihan sangat mudah semudah anda berbicara kala mengobrol sambil minum secangkir kopi hangat
Persoalannya sering kali di antara kita diliputi ras kurang percaya diri untuk tampil ke depan padahal materi cukup banyak tersedia, kesempatan selalu ada untuk anda berbicara dan bagi anda yang sedang diliputi kekurangan percayaan diri saat diminta tampil ke depan Silahkan Baca Tips Berbicara di Depan Orang Banyak berikut ini
1. Kuasai materi yang ingin disampaikan, seminimal mungkin kuasai 3 hari sebelum berbicara ke depan hal ini dilakukan agar anda lebih rileks dalam berbicara di depan banyak orang, jangan malam untuk belajar dari pada anda di tertawakan dan malu didepan banyak orang.
2. Berlatih secara terus menerus, mulai dari kelompok yang kecil bisa terdiri dari 5 orang lalu tingkatkan menjadi 10 orang, 15 orang 20 orang dan seterusnya agar anda terbiasa berbicara dengan orang banyak.
3. Belajarlah dari orang – orang sukses terutama pelajari cara berbicaranya dalam menguasai audiensnya.
4. Tarik perhatian para pendengar dengar dengan hal – hal yang ringan seperti joke kecil untuk mengembalikan perhatian mereka.
5. Persepsikan pikiran anda bahwa anda sedang berbicara dengan teman – teman anda agar anda lebih fleksibel dalam berbicara dan tentunya membuat anda tidak kaku dalam menyampaikan materi anda.
6. Yakinlah dengan apa yang anda sampaikan ke pendengar anda walau salah sekali pun, jika anda yakin maka pendengarpun yakin tapi jika anda tidak yakin maka pendengar pun engak bakal bisa diyakinkan waluapun anda membawakan materi yang benar sekali pun.
7. Belajarlah memainkan intonasi kalimat agar memuat para pendengar yakin terutama kalimat – kalimat yang ingin anda tegaskan.
8. Jangan pedulikan 1 atau 2 orang yang tidak mendengarkan pembicaraan anda berikan persepsi yang baik pada diri anda misalkan “orang yang mendengarkan pembicaraan saya sedang membahas materi yang saya sampaikan dengan temannya” atau “orang itu sedang menelepon temannya tentang materi yang saya sampaikan” hal ini di gunakan agar mental anda tidak down saat berbicara di depan orang banyak.
9. Jika anda merasa materi yang anda sampaikan kurang menarik, maka berusahalah membuatnya menarik dengan cara anda sendiri (persepsikan dalam diri anda sendiri).
10. Setiap selesai membawakan materi Evaluasi diri anda sendiri lalu tanyakan pada pendengar anda untuk membandingkan jika jawabannya negatif maka segeralah perbaiki.
Inti dari Tips ini adalah Terus mencoba dan mencoba untuk menjadi yang terbaik karena KUALITAS anda sebagai pembicara adalah dari KUANTITAS anda melakukannya, semakin banyak anda berlatih berbicara di depan orang banyak maka semakin baik juga kualitas pembicaraan anda.
—–
Kita Semua Harus Berbicara
Apakah anda lebih suka
1. Melompat keluar pesawat terbang tanpa parasut? atau
2. Berbicara didepan orang banyak yang sangat asing bagi anda?
Bila jawaban anda no 2, jangan merasa tak enak. Banyak orang seperti anda. Meskipun setiap hari kita berbicara, toh sering kali hal ini sulit dilakukan, apalagi berbicara didepan khalayak ramai atau audience, dan terkadang juga kita dapat melakukannya dengan baik. Jalan menuju sukses, baik sosial maupun profesional, dilalui lewat berbicara (berkomunikasi). Bila anda tidak meyakinkan sebagai pembicara, maka jalan itu akan sangat buruk.
Pengalaman lain adalah seorang teman perempuan memberitahukan bahwa dia lebih berani melahirkan bayi beberapa kali pun dari pada melakukan presentasi (berbicara didepan umum). Kalau melahirkan, katanya, ia hanya harus menghadapi satu dua dokter, perawat dan suami yang menemani. Mereka adalah orang-orang yang sudah lama dikenal, baik hati, dan berada disana untuk membantu bukan mempersulit. Sebaliknya, ketika melakukan presentasi, anda harus berhadapan dengan orang-orang yang karakternya bermacam-macam dan kadang bisa menyulitkan anda. Mereka terkadang datang untuk mengambil manfaat, bukan memberi. Kadang mereka ingin menguji atau setidaknya ingin mengatakan, “Saya juga tahu kok,” atau “Saya tahu lebih dari sekedar yang anda sampaikan”.
Tentu saja orang-orang yang mendengarkan presentasi kita tentulah tidak seburuk itu. Jika kita lihai, kita barangkali akan memperoleh manfaat yang sama besarnya dengan yang kita berikan.
Jadi berbicara merupakan bentuk komunikasi manusia yang paling esensial, yang membedakan kita sebagai suatu mahluk hidup. Menurut perkiraan, rata-rata orang mengucapkan delapan belas ribu kata sehari. Maka dari itu mengapa kita tidak mengembangkan keterampilan kita untuk menjadi pembicara terbaik? Marilah kita mulai dari sekarang!!!
5 Prinsip berbicara.
Dalam berbicara kita selalu diatur dengan 5 prinsip yang akan membuat kita menjadi seorang pembicara (speaker) yang menarik untuk didengarkan dan diikuti.
Kelima prinsip tersebut adalah:
1. Intonasi
Langgam atau nada suara, tinggi rendah suara dalam mengucapkan kata per kata atau suatu kalimat yang utuh.
2. Aksentuasi
Tekanan pada pengucapan baik pada titik, koma atau sesuatu yang penting.
3. Artikulasi
Pengucapan yang jelas baik pada kata perkata atau kata-kata kunci.
4. Power
Kejelasan suara pembicara dalam mengucapkan kata kata atau sedang berbicara. Hal ini adalah untuk mengukur keseriusan, suasana hati dan semangat pembicara dalam berbicara.
5. Speed / Space
Kemampuan untuk mengontrol kecepatan dalam berbicara dan mengenali saat untuk jeda dengan intonasi yang jelas dan tidak menggantung.
8 Tips for Successful in Public Speaking
Merasakan gugup sebelum berpidato adalah sesuatu yang alami dan sehat. Hal ini menandakan bahwa kita peduli dengan kegiatan kita, dan akan mengerjakan dengan baik. Tapi, terlalu gugup malah dapat mengganggu kita nantinya. Berikut beberapa tips bagaimana kita dapat mengontrol gugup dan mengefektifkan Presentasi yang tak terlupakan:
1. Kenali Ruangan / Tempat. Pastikan anda merasa nyaman dengan tempat dimana anda akan berpidato atau berbicara. Datanglah lebih awal, berjalan mengitari area berpidato dan berlatihlah mengunakan mikrophone dan beberapa alat bantu visual.
2. Kenali Audience. Sapalah audience sesaat mereka tiba di tempat. Adalah sangat mudah berbicara dengan sekumpulan teman daripada dengan sekumpulan orang asing.
3. Kenali Bahan. Jika anda kurang memahami materi atau merasa kurang paham dengan materi tersebut, gugup anda akan bertambah. Latihlah pidato anda dan refisi atau perbaiki jika perlu
4. Santai. Redakan ketegangan dengan melakukan banyak latihan
5. Bayangkan anda sementara berpidato. Bayangkan diri anda sedang berpidato, dengan suara yang keras, jelas dan meyakinkan. Ketika anda membayangkan diri anda sukses dalam berpidato maka anda akan sukses juga nantinya.
6. Yakinlah bahwa Audience menginginkan anda sukses. Audience menginginkan anda tampil menarik, bersemangat, informative dan menghibur. Mereka tidak menginginkan anda gagal.
7. Jangan Minta maaf terlalu sering. Jika anda menyebutkan kegugupan anda atau meminta maaf untuk masalah-masalah yang anda pikir terjadi saat anda berpidato dan terlalu sering, hal ini akan memecah konsentrasi audience anda.
8. Konsentrasi pada pesan bukan pada cara. Fokuskan perhatian anda jauhkan dari kegelisahan anda sendiri dan kegugupan anda akan hilang.
Impromptu
(Berbicara tanpa persiapan – dilakukan secara mendadak)
Adakalanya kita berbicara atau presentasi impromptu tanpa persiapan. Apa yang harus kita lakukan? Orang yang tak bisa melakukan ini tentunya akan gelagapan. Kakinya gemetar, suaranya sulit keluar, jalan pikirannya kacau dan kalimatnya tak terkendali. Akibatnya ia melantur, tidak terfokus, bahkan tidak lucu. Setelah presentasi atau berbicara, ia barangkali merasa tegang, menyesal dan otaknya mengalami dissonance. Pembicaraan sudah beralih ke topik yang lain dan audience bisa jadi sudah melupakan penampilannya yang buruk, tetapi ia masih memikirkan yang tadi disampaikan.
Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan:
Pertama, pilihlah topik yang relevan dengan kegiatan yang diselenggarakan.
Kedua, kembangkan topik dengan membangun kaitan pada beberapa hal yang dapat dihubungkan.
Ketiga, aturlah pernafasan. Pandang mata audience dengan santai, ajak mereka berbicara seperti anda berbicara dengan teman, tapi gunakan kalimat yang sedikit resmi dan suara yang lebih kuat dari pada berbicara dengan beberapa orang.
Keempat, ingatkan diri anda agar selalu mengontrol bahasa tubuh anda. Jangan mengecilkan badan anda dihadapan audience dengan melipat bahu keatas, tangan ke dalam saku atau tangan yang terlalu aktif atau tempo suara yang terlampau cepat.
Kelima, gunakan metode bercerita. Bisanya orang tidak akan merasa sulit kalau bercerita, hal ini bisa dilaksanakan dengan menceritakan pengalaman namun yang berhubungan dan jangan sampai melantur.
Keenam, Tentu saja anda harus terfokus, ingat waktu, dan tidak bersikap sok pintar dengan menyebut banyak informasi teknis yang penting bagi orang lain. Lebih baik bicara sedikit tapi menarik dan mudah diingat dari pada bicara banyak tetapi tidak terfokus dan menyebalkan.
Penutup
Orang Sukses Adalah Pembicara Yang Sukses, Dan Sebaliknya
Sebagian besar orang sukses adalah pembicara-pembicara yang sukses. Tidak mengherankan, demikian juga sebaliknya. Jika anda telah mengembangkan kemampuan itu – dan itu dapat dikembangkan – kemampuan untuk dapat berbicara dengan baik, anda akan sukses. Kalau sudah menjadi orang sukses, anda dapat membuat diri anda lebih sukses dengan menjadikan diri anda pembicara yang lebih baik (good speaker).
Adapun ciri-ciri pembicara terbaik:
1. Mereka memandang suatu hal dari sudut baru, mengambil titk pandang yang tak terduga pada subyek umum
2. Mereka mempunyai cakrawala luas. Mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan pengalaman luas di luar kehidupan mereka sehari-hari
3. Mereka antusias, menunjukkan minat besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka dan pada apa yang kita katakan pada kesempatan itu
4. Mereka tidak pernah membicarakan diri mereka sendiri
5. Mereka sangat ingin tahu (curiosity). Mereka bertanya “Mengapa?” Mereka ingin lebih mengetahui tentang apa yang kita katakan.
6. Mereka memberikan ketegasan. Mereka berusaha menempatkan diri pada posisi kita untuk memahami apa yang kita katakan.
7. Mereka mempunyai selera humor. Dan mereka tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri.
8. Mereka mempunyai gaya bicara sendiri.

1 komentar:

  1. Spin Casino UK | Best Online Casino UK in 2021
    The most famous and famous casino UK, Spin Casino is a popular online casino which has attracted thousands of fans from all over the world, 🥇 Best Online Casino UK: LeoVegas🎲 Number of Slots: luckyclub 3000+🎁 Bonus Wagering Requirement: Cash Out on all slots once your £10 Bonus💻 Software Providers: Microgaming, Playtech, Evolution, 888sport, Betsoft, iGaming. Rating: 4.9 · ‎Review by LeoVegasHow can I get a Bonus at Spin Casino?Is Spin Casino a legit casino?

    BalasHapus